Untuk anak yang lahir di era 1990 & 2000 pastinya masih tidak asing dengan cerita menarik Doraemon. Robot kucing itu telah menemani kita dari kecil hingga dewasa. Meskipun hampir semua orang, terutama di Indonesia mengenal Doraemon.

Fujiko Fujio adalah nama samaran dari duo mangaka dari Jepang, dengan nama asli Fujimoto Hiroshi. Beliau merupakan pencipta dari serial komik dan kartun Doraemon yang merupakan salah satu anime/manga tersukses di Jepang.

Fujiko Fujio Penulis Komik Doraemon

Biodata Singakat Fujiko Fujio

  • Nama: Fujiko Fujio
  • Tempat, Tanggal Lahir: Toyama, Jepang, 1 Desember 1933
  • Zodiac: Sagittarius
  • Meninggal: 23 September 1996

Anime Doraemon masih tayang di salah satu televisi Indonesia hingga kini. Versi manga juga masih beredar melalui penerbit Elex Media Komputindo. Sementara itu, film animasi 3D pertama sang robot kucing bertajuk Stand By Me Doraemon, telah tayang di Indonesia sejak Desember 2014.

Asal Usul Komik Doraemon Yang Ditulis Oleh Fujiko Fujio

Asal Usul Komik Doraemon

Saat itu, tepatnya tahun tahun 1944 sedang terjadi perang antara Amerika melawan Jepang. Di kelas Fujimoto kedatangan seorang siswa pindahan bernama Abiko Motoo. Ternyata keduanya mempunyai hobi menggambar, hal itu membuat Fujimoto dan Abiko cepat akrab.

Akibat dari kesamaan hobi tersebut, akhirnya mereka mulai bersahabat dan membuat manga (komik Jepang). Dari pertemanan dan persamaan hobi itu, mereka kemudian sudah cukup banyak membuat karakter tokoh kartun yang mereka buat secara bersama-sama, salah satunya adalah tokoh Doraemon yang menjadi manga tersukses di Jepang.

Bulan November 1969, majalah Anak Baik mengumumkan akan memuat komik baru karya mangaka Fujiko F. Fujio. Waktu itu Fujimoto Hiroshi, nama asli Fujiko, belum menemukan ide bagaimana dan seperti apa komik barunya.

Seketika ide itu muncul: kucing, anak laki-laki pemalas, dan mainan. “Ketemu!” katanya, “sepertinya ini bisa. “Doraemon kemudian muncul dengan ide dasar begini: seorang bocah pemalas kedatangan robot kucing dari masa depan yang bisa mengeluarkan benda-benda berguna dari kantungnya”.

Doraemon bahkan terpilih sebagai salah satu Asean Heroes dalam majalah Times pada tahun 2002. Penghargaan lain juga pernah diberikan pada Doraemon, salah satunya adalah duta budaya Jepang pada tahun 2008 oleh Kementerian Luar Negeri Jepang.

Sebagai penghargaan, Museum Doraemon atau Museum Fujiko telah resmi dibuka pada 3 September 2011 lalu di Kawasaki, Jepang. Museum ini berisi segala hal mengenai Fujiko F. Fujio. Meja kerja, topi beretnya, serta pipa yang selalu ia gunakan selama membuat Doraemon akan dipajang di sini.